customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

SURAH AL ALAQ AYAT 1-5

 

Surat Al Alaq merupakan surah Makkiyah ayat 1 – 5 turun di Makkah 

Mendekati usia 40 tahun Rasulullah uzlah atau bertahannust di gua Hira untuk beribadah dan merenung mengenai kondisi Makkah yang penuh ke kefiran dan kemusyrikan. Dan pada bulan Ramadhan Rasulullah didatangi Jibril untuk menyampaikan wahyu pertama yaitu Iqro’

Ayat  yang pertama 

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

Bacalah dengan nama Tuhan mu yang menciptakan.

Dari ayat pertama ini ada beberapa hal yang perlu kita fikirkan. 

1. Iqro'  adalah kata perintah berarti siapapun manusianya wajib untuk membaca, dengan kata lain siapun wajib untuk belajar berfikir untuk mengenali dirinya secara khusus dan alam semesta ini secara luas. 

Lantas akan timbul pertanyaan bagaimana membacanya dan apa yang dibaca. 

Bismirobbika dengan nama Tuhan mu perintah ini berlaku untuk seluruh manusia karena Allah tidak mengabarkannya secara spesifik namanya. Nah inilah yang harus difahami bahwa membaca itu harus dengan melalui nama tuhan. 

Kholaq menciptakan bukankah yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya mempunyai nama tentu untuk semua urusan pengenalan membacanya adalah dengan menyebut namanya ' Bismillah ' dengan nama Allah. 


خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

Shabat tauni

Kata segumpal darah ini mempunyai arti yang tersirat yaitu air bukankah proses manusia itu berasal dari air? Air inilah yang berkumpul dan menjadi darah dan kemudian menjadi daging dan seterusnya dan ini menceritakan proses kejadian manusia dialam rahim ketika dalam kandungan. Bila kita fikirkan ternyata didalam alaq ini mengalir nama Tuhan di dalam sebuah hadist disebutkan ala wainna filjasadi mudghoh .. Didalam tubuh manusia itu ada segumpal darah dan itu adalah qolbu sebagai pusat bagi manusia untuk mengenal Tuhan. 


ٱقْرَأْ وَرَبُّكَ ٱلْأَكْرَمُ

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah

Di ayat yang ketiga allah perintahkan lagi bacalah dan tuhanmu maha mulia agung. Dan ini bersinggungan dengan ayat kedua mengenai alaq. Karena pada alaq ini allah letakkan keagungan dan kemulian karena padanya ada sisi robbaniah sifat ketuhanan yang terus mengalir bukankah jantung manusia itu sebagai alat untuk memompa darah dan mengalihkan ke seluruh tubuh? 


ٱلَّذِى عَلَّمَ بِٱلْقَلَمِ

Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,

Ayat yang keempat yang mengajarkan manusia melalui pena. 

Sahabat taubi ketika kita menggunakan akal sehat tentu kita akan mengerti bahwa ada manusia yang allah utus menyampaikan isi kandungan kalamnya dan ditulis melalui media pena bukankah pena itu adalah perpaduan antara air dan tanah? Dimana air sebagai tintanya dan tanah atau kertas sebagai wadahnya. Kalam allah disampaikan melalui Rasulullah dan dicatat dibukukan oleh para sahabatnya agar manusia bisa belajar mengenai ilmu iqro, 


عَلَّمَ ٱلْإِنسَٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Ayat yang kelima yang mengajari manusia apa apa yang belum diketahuinya. 

Sahabat taubi pada dasarnya manusia itu tak tau apa apa, allah  yang mengajarinya dan tentunya melalui perantara kekasihnya. Melalui medikalam dan pena. 

Wallohu a'lam bisshowab.


Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman