customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Sejarah wahyu pertama ( Rasululllah Muhammad SAW

Wahyu adalah kalam atau perkataan Allah yang diturunkan secara langsung kepada nabinya melalui perantaraan malaikat Jibril dengan tersembunyi dan cepat. 

Menjelang umur 40 tahun Tanda kenabian beliau Rasulullah semakin jelas karena beliau sering bermimpi yang kita kenal dengan sebutan ru'ya as sholihah atau shodiqoh,  Dari Aisyah Ummul Mukminin radliyallahu ‘anha, ia berkata: “Permulaan wahyu yang diterima oleh Rasulullah adalah ar-ru’ya ash-shalihah (mimpi yang baik) dalam tidur. dan mimpi itu  sangat jelas bagaikan cahaya di pagi hari. Dan inilah sebagai dasar awal Rasulullah untuk bertahannust atau uzlah. Maka dia memilih Gua Hira sebagai tempatnya. Disinilah Rasulullah merenung dan berfikir mengenai kaumnya penduduk makkah yang semakin nyata kemusyrikannya dan semakin tak terbendung ke jahiliyahannya. 

Tepatnya di bulan Ramadhan maka dia didatangi oleh Malaikat Jibril seraya mengucapkan salam dan meminta Nabi Muhammad untuk membaca dengan sebutan Iqro' maka Nabi mengatakan saya Tidak bisa membaca ma ana biqori lalu Jibril memegangnya dan mendekapnya sangat kuat dan kemudian melepaskan nabi dan kemudian Jibril berkata lagi iqro' nabi berkata ma ana biqori,  Jibril memegang nabi kembali dan mendekapnya dengan kuat dan kemudian melepaskannya lagi. Dan kemudian Jibril menyampaikan kalam Allah kembali lagi yaitu yang tertera disurah al alaq ayat 1-5 . 

  اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ. اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ. عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ 

 (1) Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan; (2) Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah; (3) Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah; (4) Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qalam (pena); (5) Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. al-Alaq, 96:1-5)

Setelah itu Rasulullah kembali kerumahnya sambil kedinginan dan berkata kepada sayyidatuna Khadijah jammiluni ya khodijah selimuti aku ya Khadijah.

Sahabat taubi.

Wahyu atau auha yuuhii berarti adalah kalam rahasia firman tuhan kepada nabinya. Surat Al Alaq adalah wahyu pertama yang diterima Rasulullah secara nyata dalam keadaan terjaga. Kita coba renungkan arti kata iqro’ bacalah, secara luas adalah berfikir untuk memahami dan mempunyai misi yang jelas. Bismi robbika dengan nama tuhanmu dan ayat ini berkaitan dengan surah Al Fatihah ayat 1 yaitu bismillahirrohmanirrohim , membaca tanda tanda atau ciri-ciri yang ada dialam semesta ini baik yang Nampak ataupun sebaliknya dengan ilmu isim.

Kesimpulan.

  1. Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dalam keadan tidur berupa Ar Ru’ya Assholihah atau Asshodiqoh dan dalam keadaan terjaga menerima Wahyu pertama Surah Al Alaq ayat 1-5.
  2. Rasulullah Muhammad SAW uzlah dan bertahannust beberapa kali di gua hira sebagai masa merenung, berfikir , memahami untuk sebuah visi kedepan.
  3. Iqro’ adalah perintah baca, memulai sesuatu dengan membaca nama Allah, Bismillah…

Referensi :

https://nu.or.id/hikmah/sejarah-nabi-muhammad-2-wahyu-pertama- yang-menggetarkan-0R62Z

https://www.taubi.my.id/menyebut-nama-allah

https://www.taubi.my.id/bermula-dengan-isim



Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman