customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Tanda-tanda Kenabian Rasulullah Muhammad SAW

 

Shabat taubi.

Setiap nabi tentu mempunyai tanda tanda sebelum dia diangkat menjadi nabi dan Rasul. Begitu juga dengan nabi muhammad SAW.

Sahabat taubi.

Tanda kenabian nabi Muhammad yang pertama adalah Awan putih selalu mengikuti dan menaungi beliau seolah olah sebagai pelindung baginya dari terik matahari yang menyengat dan ini terjadi ketika nabi Muhammad SAW berumur 12 tahun. Dikabarkan bahwa nabi ikut dalam rombongan kafilah dagang yang dipimpin oleh paman beliau Abu Thalib dan tujuan dagang mereka adalah negeri Syam wilayah ini berada dalam kekuasaan Romawi. Dari kejauhan atau dari pegunungan kafilah dagang ini mulai kelihatan berjalan beriringan dan keadaan ini diperhatikan oleh pendeta yang mengerti dengan kitab inzil namanya adalah bahira atau buhaira dan dia melihat dari atas gerejanya di busra bahwa ada awan putih yang menaungi nabi Muhammad kemanapun dia berjalan.

Tanda kenabian yang kedua adalah. Pohon merunduk saat nabi bernaung dibawahnya.  Setelah perjalanan jauh yang melelahkan melewati gunung maka kafilah Abu Thalib pun berhenti sejenak dipinggir sungai yang kering. Untuk melepaskan lelahnya perjalanan dan anehnya awan putih itupun ikut berhenti. Nabi beristirahat dibawah pohon tapi anehnya lagi pohon itupun merunduk bahkan berubah arah seolah olah melindungi nabi dari panasnya cuaca.

Tanda kenabian yang ketiga adalah Tanda khotim nubuwah terlihat dipundak beliau. Ketika kafilah dagang Abu Thalib memasuki negeri syam merekapun dijumpai oleh seorang pendeta bahira kebiasaan masyarakat Arab kalau ada satu keadaan yang diluar nalar atau rasa senang mereka akan menjamu tamu. Maka diapun mengundang kafilah Abu Thalib ke gerejanya untuk makan. Maka buhaira bertanya kepada kafilah dagang Abu thalib apakah masih ada lagi yang belum makan? Mereka menjawab semuanya sudah kecuali nabi Muhammad yang menunggu dan menjaga barang dagangan kafilah. Kebiasaan orang Arab juga yang masih remaja tidak boleh ikut bertamu dengan orang yang dewasa. Maka bahira minta izin untuk bertemu dengan nabi Muhammad.saat itulah ketika dia berjumpa dengan nabi tersingkap bahagian kerah jubah nabi dan bahira melihat ada tulisan khotim Annubuwah.

Maka setelah itu dia berpesan kepada Abu Thalib agar merahasiakan tanda kenabian beliau dan membawa dia kembali pulang ke Makkah. Maka Abu Thalib pun membawa nabi pulang ke Makkah.

 Sahabat taubi

Masih banyak lagi tanda kenabian nabi Muhammad SAW tapi disini kami menyampaikan hanya tiga tanda besar kenabian beliau.

 Sebagai kesimpulan bahwa :

  1. Sebelum nabi muhammad SAW diangkat menjadi nabi dan Rasul allah telah memberikan tanda tandanya sebagai khabar bagi manusia bahwa dia adalah seorang nabi dan Rasul.
  2. Yang mengetahui kenabian beliau adalah ahli kitab yang mengerti dengan inzil yang asli yang belum diubah dalam kisah ini adalah bahira sebagai saksi kenabiannya.

Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman