customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Peristiwa sebelum Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Sungguh banyak peristiwa yang terjadi ketika nabi Muhammad sebelum dilahirkan pada kesempatan ini kita coba diskusikan sebahagian kecil dari peristiwa tersebut. 

  • Hancurnya tentara bergajah pasukan abrahah yang datang dari yaman yang ingin menghancurkan ka'bah dan ini terjadi 571 M. 
  • Matinya api sesembaban majusi yang sudah berumur 1000 tahun. 
  • Istana kisra di negeri persia terguncang hingga menyebabkan beberapa ruangan Roboh. 
  • Berhala yang ada di ka'bah roboh seolah olah sujud dan ini diceritakan oleh Abdul Muthalib pada malam menjelang kelahiran Nabi Muhammad. 
  • Sayyidah aminah ibunda nabi setiap bulannya didatangi para nabi dan rasul dalam mimpinya. 

Sahabat taubi. 

Pada kesempatan ini kita akan coba berdiskusi menngenai :

1. Abrahah dan pasukan ber gajah Menyerang ka'bah. 

Diceritakan bahwa Abrahah ini adalah seorang perwira di Kerajaan Habsyah atau Abessinia yang sekarang dikenal dengan sebutan Ethiopia. Penyebab penyerangan makkah adalah diantaranya Rasa iri atau dengki terhadap makkah khususnya Ka, bah yang selalu diziarahi oleh masyarakat jazirah Arab. 

Maka Raja Abessinia mengutus Jendralnya Aryath dan perwiranya juga Abrahah. Tentu pada setiap perjalanan yang mereka lalui pasti berjumpa dengan Raja Raja yang ada di jazirah Arab dan semuanya mereka Taklukkan. Sampailah mereka di negeri yaman yang dikuasai oleh Dinasti Himyar dengan nama Rajanya Dzu Nuwas. 

Setibanya di yaman maka Pasukan Abessinia pun menaklukkannya dan menjadikan yaman sebagai negara jajahan baru dan diangkatkah Aryath sebagai Gubernurnya. Tapi kelakuan Aryath ini sangat buruk Zholim dan sewenang wenang hingga Abrahah mengadakan pemberontakan dan membunuh Aryath. Disinilah dimulai kisah dan rencana penghancuran ka'bah. 

Abrahah demi untuk kekuasaan nya maka dia membangun sebuah Tempat peribadatan Gereja yang sangat mewah dan megah dengan arsitektur yang sangat indah dan  dibangun di sana'a yaman namanya adalah Al qolis gunanya untuk menarik simpati Masyarakat yaman dan bahkan jazirah Arab untuk berziarah dan menjadikannya sebagai pusat keagamaan. Tetapi Masyarakat jazirah Arab tak tertarik mereka lebih suka berjiarah ke makkah sebagai tempat ibadah warisan dari leluhur bangsa Arab. 

Akhirnya Abrahah dan bala tentaranya dikabarkan bahwa Abrahah membawa 9 ada yang mengatakan 13 tentara begajah dan sekitar 60 Ribu tentara mengiringinya. 

Abrahah dengan bala tentaranya sampai di pinggiran kota mekkah sekitar 11 KM dari Makkah di wilayah Mughims di wadi Mahsar antara Muzdalifah dan Mina. Kemudian Abrahah mengutus Aswad bin Maksud menuju ka'bah diiringi dengan pasukannya menunggang kuda mereka menjarah di pinggiran kota Makkah hingga 200 ekor Unta Abdul Muthalib kakek Nabi dirampas dan dibawa ke Mughims. 

Abrahah mengutus Hanathan ke Makkah untuk menyatakan maksud Abrahah datang ke ka'bah. Maka Abdul Muthalib dansebagai pemuka kaum Quraish dan beberapa pembesar Makkah berangkat menjumpai Abrahah. Terjadilah dialog antara Abrahah dan Kakek Nabi Abdul Muthalib. 

Abrahah berkata " Apa keperluan anda datang kemari? 

Maka Kakek Nabi Abdul Muthalib mengatakan Aku datang kemari untuk Mengambil 200 ekor unta milikku yang dirampas oleh pasukanmu. Dan untuk masalah ka'bah Allah pasti menjaganya karena ka'bah itu adalah milik Allah. 

Mendengar jawaban itu maka Abrahah menyerahkan 200 ekor unta milik kakek nabi dengan rasa keheranan.

Maka Abdul Muthalib dan para pembesarnta meninggalkan Abrahah sesampai di Makkah maka dia meminta kepada seluruh masyarakat Makkah untuk pergiengingsi karena Makkah khususnya ka'bah akan diserang tentara abrahah. 

Sahabat Taubi 

Tentara bergajah yang dipimpin oleh abrahah dihancurkan Allah dengan mengirimkan burung ababil dan melempari mereka dengan kerikil panas yang berasal dari neraka. Silahkan pelajari dan fahami surah Al Fil (105) dalam Al Qur'an. 

Sahabat Taubi.

Abrahah ini memiliki sifat hasad iri, dengki, sombong yang mengakibatkan kehancurannya sendiri. Abrahah ingin menghancurkan ka'bah berarti sama saja mengajak perang Tuhan. 

Dan kita akan berlanjut ke bahagian kedua......

Sahabat Taubi 

Imam Nawawi Al Bantani menulis dalam kitab Maulid Ibriz bahwa

Sayyidah Aminah berkisah bahwa ketika Dia mengandung Nabi Muhammad SAW di awal kehamilan bulan pertama.  Suatu malam ketika tidur Dia didatangi oleh Nabi Adam dan berkata " Marhaban bika ya Muhammad " berbahagialah engkau wahai ibunda nabi bahwa engkau sedang mengandung " sayyidil Basyar" Pemimpin manusia.

dibulan yang kedua Dia didatangi Nabi Tsist dan berkata " Assalamu alaika ya Rasulullah " berbahagialah engkau wahai ibunda nabi bahwa engkau sedang mengandung " Shohibut Ta'wil wal Hdist "

dibulan yang ketiga jumpa dengan nabi Idris AS. dibulan yang keempat jumpa dengan nabi Nuh AS, dibulan yang kelima didatangi nabi Hud AS, dibulan yang keenam didatangi nabi Ibrahim AS, dibulan ketujuh didatangi nabi Isma'il AS, dibulan kedelapan didatangi nabi Musa AS, Dan dibulan kesembilan didatangi nabi Isa AS putra Maryam. Masing - masing dari mereka mengucapkan salam dengan julukan yang berbeda-beda.

Wallohu A'lam bisshowab.

Sahabat taubi demikianlah diskusi singkat kita pada kesempatan ini. InsyaAllah bila ada kesempatan akan kita lanjutkan pada episode berikutnya. 

Referensi :

Related Post

Latest
Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman