customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

BERAGAMA TIADA PAKSAAN

 Agama secara arti adalah suatu kepercayaan. Agama bahasa Arabnya, adalah ad-Din  masdar dari kalimat دَانَ يَدِينُ دِينًا yaitu ketundukan. Di dalam al-Qur’an kata ad-Din disebut dengan beragam makna, diantaranya ketundukan, kekuasaan, hukum, perintah, ketaatan, peribadatan dan pelayanan, syariat, undang-undang, dan pembalasan. Lantas kenapa tidak ada paksaan dalam beragama?  Bukankah agama itu sangat diperlukan? 

Dalam surat Al Baqarah ayat 256 Allah berfirman Tidak ada paksaan dalam beragama. Sebagai manusia yang mempunyai akal fikiran Allah telah menyinggung nya dengan firmannya Afala Taqqilun Tidakkah kamu berfikir. Artinya ini adalah sindiran kuat untuk si manusia untuk berfikir kenapa ya tidak ada paksaan dalam beragama. Bukankah ketika manusia itu lahir dia sudah islam (selamat) dekat dengan Tuhan tetapi orangtuanya yang mendidik yang membuatnya menjadi beragama secara taqlid.  dengan faktor ini seharusnya si manusia memulai proses pencarian mengenai apa itu agama dan terus berlanjut kepada pilihan, karena hidup itu mesti memilih. Ketika mengakui islam sebagai agamanya maka harus diikuti secara kaffah firman allah udkhulu fissilmi kaffah Masuklah kedalam agama islam itu secara menyeluruh. Dengan kata lain jangan tanggung tanggung dalam beragama. Terus timbul pertanyaan, apakah yang menjadi penghubung antara si manusia dengan Tuhannya ?karena ketika bayi dia masih terhubung dengan Tuhannya ketika baligh dia akan terhalang terhijab dari Tuhannya karena banyak faktor mulai dari dominasi sekitar nya dan juga logika berfikir nya. 

Dalam surat al fatihah ayat 6 Allah berfirman Tunjukilah kami jalan yang lurus. shirot adalah penghubung kata yang lain adalah thoriq , dalam rukun islam Rukun yang kedua adalah sholat. Sholat itu berarti penghubung antara si manusia dengan Tuhannya, Benarkah kita telah mendirikan sholat dengan istiqomah ( terus menerus) atau hanya sekedar mengerjakannya supaya terlepas dari kewajiban. 

Sahabat taubi! 

Sholat itu intinya adalah zikir (ingat) waaqimissholati lizikri dirikanlah sholat untuk mengingatku, betulkah kita ingat kepada Allah ketika sholat? Dalam sholat itu terdiri dari beberapa tahapan yang mesti harus dipelajari. Mulai dari nama sholat sampai kepada posisi dan gerakannya, kemudian unsur sholat dan yang terakhir tujuan sholat. 

Sahabat taubi 

Ayo kembali kita berfikir kenapa tidak ada paksaan dalam beragama. 

Sebagai kesimpulan:

  1. Agama itu adalah suatu kepercayaan kepada sang Pencipta . 
  2. Dalam beragama itu tidak ada paksaan tapi bagi orang yang berfikir harus mencari tau penyebabnya supaya dia mengerti bahwa agama itu penting. 
  3. Sholat itu berarti terhubung nya si manusia dengan Tuhannya secara istiqomah ( terus menerus). 


Wallahu A'lam bisshowab


Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman